Cara Membuat Link Internal di Setiap Postingan

| |

Internal Link
Cara Membuat Link Internal di Setiap Postingan-Postingan ini ditujukan untuk yang belum membuatnya dan belum mengerti tentang link internal.

Apa itu Link Internal?
Link internal merupakan sebuah tautan (link) yang berada pada suatu halaman dari website anda yang menuju pada halaman website itu sendiri ataupun menuju ke halaman website yang lain. Mungkin anda pernah menemuinya ketika membaca suatu artikel. Tujuannya adalah agar memudahkan bagi para pengunjung website anda dalam menjelajah suatu halaman website. Jika anda ingin memanjakan para pengunjung website anda, maka tidak ada salahnya anda memperhatikan tentang link internal ini. 

Apa Kegunaan Link Internal?
Tentu saja manfaat yang paling terasa adalah memudahkan bagi para pengunjung website kita untuk menjelajahi suatu halaman website. Anda tentu tahu jika anda membaca suatu artikel kemudian menggeser halaman ke bawah, tentunya menu-menu yang ada di atas akan hilang kan? nah dengan adanya link internal ini memudahkan pengunjung untuk kembali ke halaman atas atau bagian tertentu dari halaman website tersebut. 

Fungsi lainya adalah untuk mempersingkat dalam pencari suatu bagian tertentu dari halaman website ataupun melompatinya, misalkan anda sudah memahami atau tahu bab pertama maka anda bisa langsung menuju ke bab kedua dan seterusnya. Baca juga mengenai penjelasan internal link pada artikel sebelumnya.
Bagaimana Cara Membuat Link Internal?
Salah satu cara membuat link internal di blog adalah dengan menambahkan sedikit kode yang akan ngelink di setiap halaman. Fungsinya hampir sama dengan fungsi tags pada hosting wordpress yang akan muncul di setiap postingan sesuai judul blog. Contohnya seperti blog Deny ini, di setiap akhir postingannya bertuliskan "Terima kasih telah membaca artikel: (judul artikel)" itu adalah salah satu contoh link internal di halaman posting dan kali ini kita akan belajar cara membuatnya.

Berminat untuk membuat Link Internal di Setiap Postingan seperti blog ini? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Login ke aku blogger anda.
2. Pergi ke menu Rancangan, lalu edit HTML.
3. Centang Expand Template Widget.
4. Cari kode <data:post.body/>, lalu letakkan kode di bawah ini TEPAT di bawahnya:
 Terima kasih telah membaca artikel: <a expr:href='data:post.link' expr:title='data:post.title'><data:post.title/></a>
5. Simpan, lihat hasilnya!

Nah begitulah kiranya Cara Membuat Link Internal di Setiap Postingan. Anda dapat mengkreasikan tulisan "Terima kasih telah membaca artikel" sesuai dengan selera anda masing-masing.

Sebenarnya ada cara lain dalam membuat link internal di postingan, yaitu dengan cara manual. Kita hanya perlu mengaitkan artikel yang satu dengan artikel yang lainnya, dan anchor textnya pun tentu harus relevan.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah membaca artikel: Cara Membuat Link Internal di Setiap Postingan

1 komentar:

Author

makish infonya gan

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.